====== Selamat Datang di Web Resmi ======
Pusat Jasa Ketenagakerjaan
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

"Pintu Gerbang Sukses Berkarir"

Silahkan Masuk →












LAKUKAN SEGERA AKTIVASI KEANGGOTAAN PJK UMSU
KIRIMKAN BERKAS LAMARAN ANDA DALAM 1 FILE SAJA (BENTUK ZIP / RAR)
MELALUI EMAIL (aktivasi.pjkumsu@gmail.com) DENGAN JUDUL : (NOMOR ANGGOTA PJK UMSU PADA KARTU ANDA)

Reg Online Anggota PJK UMSU
Pintu Gerbang
Sukses Berkarir
SUPPORTED BY :

Pages

breaking news

-- WEB PJK UMSU BERUBAH NAMA DOMAIN DARI .info menjadi .ac.id. ---- Pusat Jasa Ketenagakerjaan UMSU -- Seluruh Anggota PJK UMSU dapat mengikuti kegiatan Jobfair yang diselenggarakan PJK UMSU secara GRATIS. Keanggotaan PJK UMSU TERBUKA UNTUK UMUM (minimal SMA) - Ayo segera bergabung. JANGAN LEWATKAN "2ND UMSU JOB INTERVIEW DAY - 28 MEI 2016 - DAPATKAN TIKETNYA LEBIH MURAH DI KANTOR PJK UMSU ATAU SECARA ONLINE

info kegiatan pjk umsu

Pusat Jasa Ketenagakerjaan - UMSU

PJK UMSU membantu para pencari kerja, baik alumni UMSU maupun alumni dari universitas / akademi lain, untuk mengembangkan kemampuan diri sehingga memiliki daya saing dan kompetensi yang dapat diandalakan dalam dunia kerja.

Pengurus Baru

Penyerahan Surat Keputusan Pengurus Baru, masa bakti 2017 - 2019

Orientasi Pengurus Baru PJK UMSU

Pembekalan dan Orientasi Pengurus Baru PJK UMSU

Orientasi Pengurus Baru

Mendengarkan Penjelasan Ketua PJK UMSU tentang Program Kerja ke depan dan apa saja yang telah dilaksanakan pada periode kepengurusan yang lama

Pengurus Baru PJK UMSU

Foto bersama setelah pelaksanaan orientasi pengurus baru PJK UMSU

Beberapa Kegiatan PJK UMSU

UMSU Job Interview Day, UMSU Job Fair

Campuss Hiring

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan PJK UMSU atas permintaan perusahaan untuk melakukan rekrutmen

MITRA PJK UMSU

Company Partner

MESIN PENCARI LOKER


 PJK UMSU Jobfair Circuit

Image

pusat jasa ketenagakerjaan - umsu

Perencanaan Karir



PERENCANAAN KARIR MAHASISWA
Tujuan mahasiswa menempuh pendidikan di perguruan tinggi adalah untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan dapat digunakan dalam berkarir di masa depan. Sejak pertama kali mahasiswa melakukan proses perkuliahan di perguruan tinggi seharusnya mahasiswa sudah melakukan perencanaan penyelesaian studi dan perencanaan karir setelah nanti lulus dari perguruan tinggi. Banyak juga mahasiswa yang sejak awal belum melakukan perencanaan ini sehingga tidak memiliki alat motivasi untuk lulus tepat waktu dengan IPK memuaskan dan sukses mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai bidang ilmu yang dikuasai.
Perguruan tinggi menyadari perlunya membantu mahasiswa melakukan perencanaan yang tepat dalam menyelesaikan studi dan perencanaan berkarir di masa depan dengan menugaskan seorang dosen penasehat akademik yang bertugas memberikan penasehatan bidang akademik bagi mahasiswa sehingga dapat lulus tepat waktu dengan IPK yang memuaskan selain itu diharapkan dapat membantu mahasiswa merencanakan karir atau bidang pekerjaan yang tepat sesuai kompetensi dan minat mahasiswa. Dengan memberikan bimbingan perencanaan kariri diharapkan mahasiswa setelah lulus dapat siap menghadapi dunia kerja dengan telah menyiapkan diri sesuai rencana karir yang telah ditetapkan.
Perencanaan karir bagi mahasiswa adalah suatu kegiatan penting karena berhubungan dengan kesiapan mahasiswa menghadapi persaingan di dunia kerja. Bukan hanya ilmu pengetahuan perlu disiapkan tetapi aspek mental dan spiritual juga harus disiapkan. Melalui perencanaan karir diharapkan setiap lulusan UMSU dapat siap bersaing di dunia kerja sehingga banyak lulusan yang bekerja akan mendukung going concern UMSU di masa depan.  Masyarakat akan semakin percaya mengirim anaknya kuliah di UMSU karena terbukti mampu membantu lulusannya siap mendapatkan pekerjaan.Bimbingan perencanaan karir juga dapat dimanfaatkan dosen penasehat akademik untuk membentuk kepribadian mahasiswa agar menjadi pribadi yang intelek, santun dan bertanggung jawab.
PJK UMSU memandang perlu menyusun Panduan Bimbingan Perencanaan Karir Mahasiswa UMSU sehingga memudahkan bagi dosen penasehat akademik dan para pembimbing  karir  lainnya melakukan proses pembimbingan perencanaan karir mahasiswa yang efektif. Bimbingan perencanaan karir mahasiswa selayaknya diberikan dari awal masuk perguruan tinggi sampai mahasiswa menyelesaikan program pendidikannya sehingga sejak dari awal mahasiswa sudah memahami dan mempersiapkan diri untuk memasuki dan bersaing di dunia kerja.             

MATERI BIMBINGAN PERENCANAAN KARIR MAHASISWA

Materi bimbingan perencanaan karir yang akan disampaikan kepada mahasiswa yaitu :
1.       Pengertian dan Tujuan Perencanaan Karir Mahasiswa
Perencanaan karir mahasiswa adalah suatu proses membantu mahasiswa mengenal potensi diri, minat,dan bakat, memilih pekerjaan ,mempersiapkan memasuki dunia kerja dan bekerja pada bidang yang sesuai minat, bakat dan kompetensi yang dimiliki mahasiswa. Tujuan perencanaan karir mahasiswa yaitu menyiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja baik berdasarkan kesiapan kompetensi maupun kepribadiannya.
2.       Mengenal diri sendiri
Mahasiswa mengidentifikasi karakteristik diri , kekuatan , kelemahan diri mereka kemudian mengidentifikasi solusi-solusi untuk meningkatkan kekuatan diri dan mengatasi kelemahan diri.
3.       Mengenal kesempatan berkarir dan bidang-bidang pekerjaan.
Mahasiswa memahami kesempatan karir/kerja sesuai bidang jurusan yang telah di pilih mahasiswa atau sesuai minat dan bakat mahasiswa. Mahasiswa juga harus memahami aspek-aspek kompetensi yang perlu dipersiapkan mahasiswa dihubungkan dengan kesempatan kerja tersebut.
4.       Memilih karir di masa depan
Mahasiswa memilih bidang karir /kerja yang sesuai minat,bakat,dan kompetensi yang telah dimiliki dan atau akan dipersiapkan. Mahasiswa diperkenalkan manfaat PJK UMSU sebagai sumber informasi lowongan kerja.
5.       Menyiapkan diri memasuki dunia kerja
Mahasiswa menyiapkan diri dengan meningkatkan kompetensi yang dibutuhkan dalam berkarir/bekerja baik melalui peningkatan kompetensi mata kuliah maupun peningkatan kompetensi tambahan lainnya.









Bimbingan perencanaan karir dilaksanakan bersamaan dengan bimbingan penasehatan akademik dengan jadwal yang diatur oleh dosen penasehat akademik /pembimbing  karir. Mekanisme bimbingan perencanaan karir meliputi 3 tahapan, yaitu :
1.   Tahap Orientasi , mahasiswa semester 1 dibimbing mengenali jati diri, kekuatan dan kelemahan diri sendiri, mahasiswa juga dibimbing memahami bidang-bidang pekerjaan sesuai minat,bakat dan kompetensi yang dimiliki mahasiswa. Prosedur yang dilaksanakan pada tahapan ini yaitu :
a.  Mahasiswa telah memiliki Buku Bimbingan Perencanaan Karir Mahasiwa
b.  Mahasiswa menjawab pertanyaaan-pertanyaan dengan jawaban yang jujur pada Buku Bimbingan Perencanaan Karir Mahasiswa bagian Tahap Orientasi. Mahasiswa hanya mejawab pertanyaan yang dipahami saja sedangkan pertanyaan yang tidak dipahami diisi pada saat bertemu dengan dosen penasehat akademik.
c.       Mahasiswa bertemu dosen penasehat akademik /pembimbing  karir sesuai jadwal yang telah ditentukan untuk mendiskusikan/merevisi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah dijawab oleh mahasiswa
d. Dosen penasehat akademik/pembimbing  karir memberikan informasi, evaluasi,dan saran atas jawaban-jawaban yang diberikan oleh mahasiswa.
e.    Dosen penasehat akademik / pembimbing  karir memberikan catatan tertulis dan tanda tangan pada tempat yang telah disediakan untuk Tahap Orientasi pada Buku Bimbingan Perencanaan Karir Mahasiswa.
2. Tahap Pemilihan Karir, mahasiswa semester 2 dan 3 dibimbing memantapkan pilihan karir di masa depan dan mahasiswa dibimbing untuk memahami aspek-aspek yang perlu disiapkan untuk mencapai pilihan karir tersebut.
a.      Mahasiswa telah menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan jawaban yang jujur pada Buku Perencanaan Karir Mahasiswa bagian Tahap Pemilihan Karir. Mahasiswa hanya mejawab pertanyaan yang dipahami saja sedangkan pertanyaan yang tidak dipahami diisi pada saat bertemu dengan dosen penasehat akademik.
b.     Mahasiswa bertemu dosen penasehat akademik / pembimbing  karir sesuai jadwal yang telah ditentukan untuk mendiskusikan/merevisi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah dijawab oleh mahasiswa
c. Dosen penasehat akademik/pembimbing  karir memberikan informasi, evaluasi,dan saran atas jawaban-jawaban yang diberikan oleh mahasiswa. Dosen penasehat akademik /pembimbing  karir dapat menyarankan kepada mahasiswa untuk mengikuti Tes Potensi Minat dan Bakat Mahasiswa (TPMBM) yang diselenggarakan oleh PJK UMSU.
d.   Mahasiswa menetapkan pilihan karir di masa depan untuk dirinya dan mendiskusikan dengan dosen penasehat akademik/pembimbing  karir  kompetensi apa saja yang harus dipersiapkan untuk mencapai karir tersebut
e.      Dosen penasehat akademik/pembimbing  karir memberikan catatan tertulis dan tanda tangan pada tempat yang telah disediakan untuk Tahap Pemilihan Karir  pada Buku Bimbingan Perencanaan Karir Mahasiswa.
3. Tahap Persiapan Karir, mahasiswa semester 4 sampai dengan 8 dibimbing mempersiapkan kompetensi akademik dan kompetensi lainnya yang dibutuhkan untuk menyiapkan diri memasuki dunia kerja/ karir.
a.      Mahasiswa telah menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan jawaban yang jujur pada Buku Perencanaan Karir Mahasiswa bagian Tahap Persiapan. Mahasiswa hanya mejawab pertanyaan yang
dipahami saja sedangkan pertanyaan yang tidak dipahami diisi pada saat bertemu dengan dosen penasehat akademik.
b.     Mahasiswa bertemu dosen penasehat akademik / pembimbing  karir sesuai jadwal yang telah ditentukan untuk mendiskusikan/merevisi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah dijawab oleh mahasiswa
c. Dosen penasehat akademik/pembimbing  karir memberikan informasi, evaluasi,dan saran atas jawaban-jawaban yang diberikan oleh mahasiswa. Dosen penasehat akademik / pembimbing  karir dapat menyarankan kepada mahasiswa untuk mengikuti Workshop Karir : Persiapan Memasuki Dunia Kerja yang diselenggarakan oleh PJK UMSU.
d.   Dosen penasehat akademik / pembimbing  karir memberikan catatan tertulis dan tanda tangan pada tempat yang telah disediakan untuk Tahap Persiapan Karir  pada Buku Bimbingan Perencanaan Karir Mahasiswa.

MONITORING DAN EVALUASI

a. Dosen penasehat akademik/pembimbing karir mengarahkan dan mengendalikan pengisian Buku Bimbingan Perencanaan Karir Mahasiswa sejak semester 1 sampai semester 8.
b.  Dosen penasehat akademik/pembimbing karir setiap kali mengakhiri bimbingan diharapkan memberikan kesimpulan dan saran kepada mahasiswa sebagai informasi penting yang harus diperhatikan mahasiswa.
c.  Dosen penasihat akademik/ pembimbing karir dapat menyarankan kepada mahasiswa untuk menambah skill yang dibutuhkan dan atau mengikuti program-program yang diselenggarakan oleh Pusat Jasa Ketenagakerjaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
d.  Pada semester 8 mahasiswa dan dosen penasehat akademik /pembing karir akan mengisi kuesioner monitoring dan evaluasi Bimbingan Perencanaan Karir Mahasiswa kemudian jawaban akan dianalisis untuk mengukur efektivitas pelaksanaan Bimbingan Perencanaan Karir Mahasiswa.



BUKU BIMBINGAN PERENCANAAN KARIR MAHASISWA dapat diperoleh di Kantor PJK UMSU setiap jam kerja  (Senin –Jumat)

Merchants PJK UMSU

merchant pjk Tiket Murah di Medan merchant pjk