====== Selamat Datang di Web Resmi ======
Pusat Jasa Ketenagakerjaan
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

"Pintu Gerbang Sukses Berkarir"

Silahkan Masuk →












LAKUKAN SEGERA AKTIVASI KEANGGOTAAN PJK UMSU
KIRIMKAN BERKAS LAMARAN ANDA DALAM 1 FILE SAJA (BENTUK ZIP / RAR)
MELALUI EMAIL (aktivasi.pjkumsu@gmail.com) DENGAN JUDUL : (NOMOR ANGGOTA PJK UMSU PADA KARTU ANDA)

Reg Online Anggota PJK UMSU
Pintu Gerbang
Sukses Berkarir
SUPPORTED BY :

Pages

breaking news

-- WEB PJK UMSU BERUBAH NAMA DOMAIN DARI .info menjadi .ac.id. ---- Pusat Jasa Ketenagakerjaan UMSU -- Seluruh Anggota PJK UMSU dapat mengikuti kegiatan Jobfair yang diselenggarakan PJK UMSU secara GRATIS. Keanggotaan PJK UMSU TERBUKA UNTUK UMUM (minimal SMA) - Ayo segera bergabung. JANGAN LEWATKAN "2ND UMSU JOB INTERVIEW DAY - 28 MEI 2016 - DAPATKAN TIKETNYA LEBIH MURAH DI KANTOR PJK UMSU ATAU SECARA ONLINE

info kegiatan pjk umsu

Pusat Jasa Ketenagakerjaan - UMSU

PJK UMSU membantu para pencari kerja, baik alumni UMSU maupun alumni dari universitas / akademi lain, untuk mengembangkan kemampuan diri sehingga memiliki daya saing dan kompetensi yang dapat diandalakan dalam dunia kerja.

Pengurus Baru

Penyerahan Surat Keputusan Pengurus Baru, masa bakti 2017 - 2019

Orientasi Pengurus Baru PJK UMSU

Pembekalan dan Orientasi Pengurus Baru PJK UMSU

Orientasi Pengurus Baru

Mendengarkan Penjelasan Ketua PJK UMSU tentang Program Kerja ke depan dan apa saja yang telah dilaksanakan pada periode kepengurusan yang lama

Pengurus Baru PJK UMSU

Foto bersama setelah pelaksanaan orientasi pengurus baru PJK UMSU

Beberapa Kegiatan PJK UMSU

UMSU Job Interview Day, UMSU Job Fair

Campuss Hiring

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan PJK UMSU atas permintaan perusahaan untuk melakukan rekrutmen

MITRA PJK UMSU

Company Partner

MESIN PENCARI LOKER


 PJK UMSU Jobfair Circuit

Image

pusat jasa ketenagakerjaan - umsu

Pentingnya Sosialisasi

Pentingnya Meningkatkan Kemampuan Sosialisasi

Apapun profesi dan bidang kerja anda, kemampuan sosialisasi mutlak diperlukan. Sekalipun pekerjaan anda tidak mengharuskan bertemu dengan banyak orang seperti bagian kehumasan atau marketing, anda dituntut untuk mampu bersosialisasi.
Karena sekecil apapun lingkungan kerja anda, anda tetap perlu berinteraksi dengan orang sekeliling anda. 

Ingat, pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain. Setiap manusia yang ada di dunia ini pasti dan akan sangat membutukan sosialisasi sesama manusia. seperti yang dituliskan pada Al-Quran Surat Al-Hujurat ayat 13, Artinya : 
“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. Al Hujurat:13).


Perlu Bersosialisasi
Sebagai makhluk sosial  perlu bersosialisasi karena itu selalu memerlukan kehadiran orang lain. Bisa istri atau suami, anak-anak atau orang tua, rekan kerja, saudara atau keluarga, tetangga atau teman, sahabat atau kolega, atau siapa pun. Banyak manfaat dari bersosialisasi. Seseorang merasa sempurna hidupnya karena ia berhasil bersosialisasi dengan orang lain. Kebutuhan-kebutuhan hidupnya- baik yang bersifat duniawiyah maupun ukhrawiyah- dapat terpenuhi sebab bersosialisasi dengan baik. Bahkan, boleh jadi problem kehidupannya juga dapat terselesaikan dengan bantuan orang lain.

Memang, kemampuan sosialisasi ini identik dengan kemampuan anda berkomunikasi dengan lingkungan. Tapi tentu saja bukan asal komunikasi. Kalau sosialisasi anda wujudkan dengan bergosip ria dan meganggu rekan lain, bukan simpati yang anda dapatkan, anda justru akan dimusuhi oleh orang-orang sekantor. Berikut ini merupakan cara yang tepat untuk sosialisai di kantor.

1.    Bicara dengan jelas
Bangunlah komunikasi dengan pembicaraan yang jelas. Pembicaraan yang tanpa arah hanya akan membingungkan lawan bicara. Ingat, lewat pembicaraan pula dapat diketahui seberapa besar isi kepala anda.

2.    Hati –hati berkomentar
Dengarkan dengan baik, jika orang lain mengajak anda bicara. Jika ingin berkomentar, jangan mengeluarkan pernyataan yang membuat orang lain tidak nyaman. Pastikan bahwa komentar anda memang ada ‘isinya’.

3.    Budaya kompromistis
Setiap orang punya latar belakang yang berbeda. Jadi, pembicaran awal biasanya tidak bisa dijadikan patokan untuk menilai orang lain. Anda bisasaja tidak setuju dengan rekan kerja, tapi masih bisa bekerja sama secara produktif. Dalam hal ini anda harus mengembangkan budaya toleransi dan kompromis dengan rekan –rekan sehingga tercapai kerjasama yang menyenangkan.

4.    Pengaruhi orang lain
Jangan pasrah jika anda tidak mendapat perhatian dari lingkungan. Buatlaha agar orang lain menyukai anda dengan cara positif. Misalnya dengan memberikan perhatian pada setiap pembicaranya, menjadi pendengar yang baik, dan ringan tangan juka mereka membutuhkan bantuan anda. Tunjukan kualitas anda sesungguhnya sehingga mereka akan menyadari bahwa anda orang yang layak diperhitungkan.

5.    Hadapi masalah
Jangan lari dari masalah dan konflik yang melilit anda. Sebaiknya hadapi masalah tersebut dengan kepala dingin. Carilah solusi terbaik setiap anda menghadapi masalah.

6.    Tidak mudah terpancing
lingkungan kantor yang notabene terdiri bermacam kepala menimbulkan beda pendapat yang berujung pada pertikaian. Jika sampai terjadi konflik, jangan terpancing untuk melakukan tindakan negatif dan jangan terpancing oleh provokator. Berpikirlah lebih jernih  agar anda bisa menilai dan menyelesaikan setiap masalah secara objektif.

7.    Jangan takut berubah
Orang  yang ingin maju adalah orang yang tidak anti terhadap perubahan. Sedangkan orang  yang tidak mau menerima perubahan adalah orang yang kaku dan pengecut. Maka jangan takut menerima perubahan yang terjadi. Anda pun tidak perlu takut berubah jika perubahan itu bisa membawa pengaruh yang lebih baikbagi karir dan kehidupan anda.

8.    Tinggalkan ego
Mengedepankan ego dalam kerja tim tidak akan membuat tampak menonjol. Lepaskan ego anda jika anda ingin menjadi anggota tim yang solid. Bukankah lebih baik membicarakan suatu ide dan masalah bersama-sama daripada harus menggunakan amarah.

Kesimpulan
Dalam dunia kerja bikan Cuma keahlian teknis dan profesional saja yang dibutuhkan. Kemampuan sosialisasi pun tak kalahpentingnya. Bahkan sudah banyak yang membuktikan kepiawaian bersosialisasi mampu mengatarkan seseorang ke gerbang sukses Apalagi, bagi para pekerja dan profesional, lingkungan kerja merupakan tempat atau lembaga yang banyak menyita waktu mereka. Nah mulai sekarang, tingkatkan kemampuan sosialisasi anda.





Merchants PJK UMSU

merchant pjk Tiket Murah di Medan merchant pjk